Skip to main content

Instal Sublime Text Linux (Ubuntu 16.04.3)

Sublime Text 


Text editor yang begitu populer di kalangan programmer, mendukung berbagai bahasa pemrograman diantaranya PHP, HTML, CSS, C, C++, Java, Python, dll, feature yang disediakan juga sangat membantu mempermudah penulisan kode program.


Beberapa kelebihan yang menjadi feature utama sublime text antara lain :
  • Go to Anything

    Digunakan untuk membuka file diawali dengan menarik satu project file yang sedang kita kerjakan  pada sublime kemudian dengan menekan CTRL+P maka kita dapat mencari file apa yang akan kita buka dengan menuliskan nama filenya, juga kita dapat mencari baris kata dengan keyword # atau @ untuk melompat ke simbol setelah menekan CTRL+P.
  • Multiple Selection

    Berfungsi untuk membuat perubahan pada code pada saat yang sama dalam beberapa baris yang berbeda. dengan menekan CTRL+L, atau bisa mengganti kata yang sama dalam baris berbeda dengan memBlok kata yang akan diganti kemudian tekan CTRL+D .
  • Command Pallete

    Untuk fungsi yang satu ini jarang digunakan sebenarnya namun dalam fungsi ini banyak sekali hal yang bisa dilakukan seperti menutup semua file, convert case: lower case, remove tag dan masih banyak lagi. dengan menekan CTRL+SHIFT+P
  • Distraction Free Mode

    Digunakan untuk merubah tampilan menjadi layar penuh, dibutuhkan ketika user akan fokus pada kerjaan yang dikerjakan maka dengan fungsi ini akan sangat membantu dengan menekan SHIFT+F11.
  • Split Editing

    Memperbolehkan mengedit file berdampingan, atau mengedit dua lokasi pada satu file dengan beberapa baris dan kolom yang anda inginkan. dengan cara : masuk ke menu FILE > New menu into File.
  • Instant Project Switch

    Sublime text akan mengcapture semua kerjaan pada file project yang sedang dibuka termasuk file yang dirubah dan belum di save, anda dapat beralih ke file lain dengan cara yang mirip fungsi Goto anything, dan hasil modifikasi anda akan di kembalikan pada waktu proyek dibuka kembali.
  • Plugin API Switch

    Teks Sublime memiliki kekuatan, berbasis Python Plugin API. Seiring dengan API, ia datang dengan built in Python konsol secara interaktif bereksperimen secara real time.
  • Customize Anything

    Bindings Key, Menu, Snippets, Macro, Penuntasan dan banyak lagi – hanya tentang segala sesuatu di Teks Sublime disesuaikan dengan file JSON sederhana. Sistem ini memberi Anda fleksibilitas pengaturan dapat ditentukan pada jenis per-file dan per-proyek dasar.
  • Cross Platform

    yang paling tak kalah keren sublime tersedia untuk berbagai platform, Windows, Linux, OS X satu lisensi untuk semua yang anda butuhkan apapun sistem oprasi yang digunakan. Teks Sublime menggunakan toolkit UI kustom, dioptimalkan untuk kecepatan dan keindahan.

Instalasi Linux

Sublime Text Editor kini menawarkan repository linux resmi untuk memudahkan instalasi dan update di sistem operasi Linux.

Berikut tahap untuk instalasi Sublime Text di Linux (tested ubuntu 16.04.3):
  1. Buka Terminal (Ctrl+Alt+T), kemudian jalankan perintah berikut untuk install key
    wget -qO - https://download.sublimetext.com/sublimehq-pub.gpg | sudo apt-key add -
    
  2. Selanjutnya tambahkan apt repository dengan perintah
    echo "deb https://download.sublimetext.com/ apt/stable/" | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/sublime-text.list
  3. Terakhir cek update kemudian install sublime text melalui package manager (Synaptic Package Manager) atau dengan menjalankan perintah
    sudo apt-get update && sudo apt-get install sublime-text -y

Uninstall

Untuk uninstall bisa menggunakan package manager atau dengan menjalankan perintah berikut
 sudo apt-get remove sublime-text && sudo apt-get autoremove
dan untuk menghapus repository sublime-text, pilih menu  System Settings -> Software & Updates -> Other Software tab.

sumber

Comments

Popular posts from this blog

Install Composer Linux (Ubuntu 16.04)

Composer  Dalam beberapa tahun belakangan, terjadi perubahan yang sangat signifikan dalam dunia pemrograman php. Yakni munculnya dependencies manager yang bernama composer. Composer adalah sebuah project open source yang dimotori oleh  Nils Adermann  dan  Jordi Boggiano . Project composer ini dihost di github ( https://github.com/composer/composer ) tercatat sejak tanggal 3 April 2011 dan masih aktif sampai sekarang. Kehadiran composer membuat ngoding php jadi lebih terstruktur dan lebih rapi. Banyak programmer terbiasa dengan bahasa pemrograman yang terstruktur, ketika pindah ke php, menemukan banyak hal yang rancu. Terutama dalam memanajemen struktur hirarki project. Sehingga membutuhkan usaha lebih untuk menerapkan konsep OOP yang baik dalam php. Hal ini bisa terjadi karena –seperti yang kita tahu– , bahwa dalam bahasa pemrograman php, pada setiap kali request, maka hanya ada satu file php saja yang dieksekusi. Hanya satu file saja. Dan jika kita ingin mengakses file lai